Desa Anggaswangi Diresmikan Jadi Desa Pengawasan 2021

By Delegasi News 20 Mar 2021, 21:56:24 WIB Grobogan
Desa Anggaswangi Diresmikan Jadi Desa Pengawasan 2021


GROBOGAN, DelegasiNews – Desa Anggaswangi diresmikan menjadi Desa Pengawasan 2021 oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Grobogan. Peresmian tersebut dilaksanakan di Balai Desa Anggaswangi, Kamis (18/3/2021).
 Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Setyo Pramudi, Sekretaris Kecamatan Godong Sudarta Kiswara, Wakapolsek Godong Iptu Sunarto, dan Kepala Desa Anggaswangi Sukoco.
 Tampak pula dalam acara tersebut Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti dan juga diikuti masing-masing ketua RT dan RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.
 Acara ini mengambil tema Membangun Masyarakat Desa. Dalam kesempatan itu, Setyo Pramudi menjelaskan pengembangan desa pengawasan merupakan salah satu program Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Program ini menjadi komunikasi antara pengawas pemilu dan masyarakat.
 “Harapannya, masyarakat bisa melakukan pengawasan secara mandiri dan dapat berperan serta dalam mencegah terjadinya pelanggaran pemilu atau pemilihan,” jelas Setyo.
 Sementara itu, Kepala Desa Anggaswangi, Sukoco, mengucapkan terima kasih kepada  Bawaslu Kabupaten Grobogan yang telah mempercayakan Desa Anggaswangi sebagai desa pengawasan pemilu.
 “Tujuannya nanti bisa mengedukasi warga Desa Anggaswangi agar pemilu yang jujur bisa terlaksana tanpa adanya money politics,” jelas Sukoco.
 Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti menjelaskan, peresmian Desa Anggaswangi sebagai Desa Pengawasan 2021 ini sudah sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017. Yakni Bawaslu Kabupaten/Kota memiliki kewajiban untuk mengajak masyarakat menjadi pengawas partisipatif.
 “Desa Anggaswangi merupakan salah satu desa yang terpilih menjadi Desa Pengawasan, khususnya di Kecamatan Godong,” tambah Fitria.
 Di akhir acara dilakukan penandatanganan MoU Desa Pengawasan oleh Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti dan Kepala Desa Anggaswangi, Sukoco. Selain itu, juga dilaksanakan pemasangan papan nama Desa Pengawasan secara simbolis oleh Fitria Nita Witanti dan kepala desa setempat. Reporter : Totok S




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment