Api Abadi Mrapen Sudah Nyala Kembali, Selasa Besok Gubernur Meresmikan

By Delegasi News 18 Apr 2021, 19:44:08 WIB Informasi
Api Abadi Mrapen Sudah Nyala Kembali, Selasa Besok Gubernur Meresmikan

 

GROBOGAN, DelegasiNews – Api Abadi Mrapen yang sempat padam pada September 2020 lalu, akhirnya berhasil menyala kembali. Api tersebut kembali menyala setelah Tim Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah melakukan kerja keras untuk mengaktifkannya kembali.
 Menurut Kasi Energi ESDM Sinung Sugeng Arianto, setelah padamnya api abadi tersebut, pihaknya melakukan eksplorasi di sekitar titik kawasan ini. Kemudian, pada Maret 2021, telah dilakukan pengeboran yang menghasilkan penemuan titik gas.
 Dalam penelitian tersebut, lanjut Sinung, ada empat titik yang berdasarkan penelitian terdapat aliran gas. Dua titik telah dilakukan pengeboran, yakni titik yang berdekatan dengan musala dan dekat jembatan.
 “Setelah dilakukan pengeboran dengan kedalaman 40 meter di dekat mushola, benar-benar muncul gas. Akhirnya kami buat jaringan ke titik awal agar bisa menyala lagi,” jelas Sinung.
 Tim Dinas ESDM melakukan penyalaan Api Abadi Mrapen selama dua pekan untuk menguji gas. Hasilnya kondisi semakin stabil dan api tidak padam. Rencananya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan melakukan peresmian pada Selasa (20/4/2021)
 ”Alhamdulillah, sekitar dua minggu kita uji coba menyalakan kembali Api Abadi Mrapen dan tidak padam. Karena kondisinya terus stabil kami segera meresmikan. Semoga bisa berhasil sesuai rencana. Rencananya Selasa (20/4) reaktivitasnya akan diresmikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,” tambah Sinung.
Reporter : Muslim
Editor      : Totok Sucipto




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment